Kamis, 07 Februari 2013

][ PERSEBAYA DARI MASA KE MASA ][

Dunia ♥ T-WekzLib

Kawan DuTie pasti tau donk Persebaya?!? Karena kali ini saya akan membahas tentang Persebaya. Ocae dech untuk yang belum paham, apa sich Persebaya itu?!? Persebaya adalah sebuah tim sepak bola yang berada di Surabaya (alias kota tercintaku). Persebaya ini didirikan pada tanggal 18 Juni 1927 dengan nama Soerabhaiashe Indonesiasche Voetbal Bond (SIVB). Sejak saat itu Persebaya menjadi identitas Kota Pahlawan dengan sederet prestasi.

Persebaya juga yang membina lahirnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930. PSSI dibentuk dalam pertemuan Societeit Hadiprojo, Jogjakarta yang dihadiri beberapa klub lain. Setelah setahun diputar kompetisi antar kota atau perserikan. Pada masa kependudukan Jepang, nama SIVB berubah menjadi Persibaja (Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja). Pada tahun 1960, nama Persibaja diubah menjadi Persebaya (Persatuan Sepak Bola Surabaya). Persebaya juga mempunyai pendukung yang bernama BONEK dan BONITA yang berada dimana pun juga. Namun,, tau kah kawan DuTie. Berbagai kontroversi juga mengiri perjalanan hebat Persebaya. Berikut ini adalah moment-moment perjalanan Persebaya.

ERA PERSERIKATAN
1938
Runner-up, masih bernama SIVB, kalah oleh Persija.

1950 - 1952
Masa keemasan SIVB dengan menjadi juara tiga musim beruntun.

1965
Runner-up, kalah dengan PSM Ujungpandang (sekarang PSM Makassar).

1978
Kembali menjadi juara setelah musim-musim sebelumnya mentok di posisi runner-up. Di final menang atas PSMS Medan.

1988
Merebut gelar juara perserikatan kelima kali dengan mengalahkan Persija.


ERA LIGA INDONESIA
Perserikatan dan Galatama digabung.

1994 - 1995
Ini adalah musim perdana Liga Indonesia dan Persebaya finis kesembilan di Wilayah Timur.

1996 - 1997
Juara di bawah komando Walikota Surabaya Soenarto Soemoprawiro. Bintang Persebaya kala itu antara lain, Jacksen F Tiago dan Aji Santoso.

1997 - 1998
Kompetisi dihentikan.

2001
Mundur dalam pertandingan melawan PKT Bontang. Karena pengurangan nilai. Persebaya akhirnya terdegradasi ke Divisi 1 pada musim 2002.

2003
Juara Divisi Satu, promosi ke Divisi Utama.

2004
Juara Divisi Utama. Pelatih Persebaya saat itu adalah Jacksen Tiago. Kurniawan Dwi Julianto, Bejo Sugiantoro, Mursyid Efendi dan Uston Nawawi adalah beberapa pemain utama Persebaya pada saat itu.

2005
Mundur dalam babak 8 besar (awalnya diskors dua tahun namun dikurangi menjadi 16 bulan dan dikurangi lagi menjadi degradasi ke Divisi Satu).

2007
Kembali berlaga di Divisi Utama setelah menjadi juara Divisi 1.


ERA DUALISME PSSI
2010 Persebaya pecah menjadi dua yaitu Persebaya 1927 dan Persebaya. Persebaya 1927 oleh Bonek (fans Persebaya) dianggap Persebaya yang sebenernya. Karena itulah pertandingan Persebaya 1927 diajang IPL selalu ramai ditonton. Adapun Persebaya yang berlaga di Divisi Utama dibawah naungan PT Liga Indonesia sangat minim penontonnya. Markas persebaya di jalan Karanggayam pun ditempati oleh Persebaya 1927. Pada tahun 2010 Persebaya 1927 berhasil menjadi juara LPI. Berikutnya pada musim 2011 - 1012 mereka menjadi runner-up dibelakang Semen Padang.


Saya memang bukan seorang gibol, namun saya cinta Persebaya. Alasannya karena saya berasal dari Kota Pahlawan alias Surabaya. Ini juga bukan pertama kali nya saya membuat postingan tentang Persebaya. Jika kawan DuTie ingin menyimak postingan saya tentang Persebaya, silahkan cek DISINI (jika kalian ingin tau lagu atau lirik bonek untuk persebaya) atau DISINI (untuk yang benci dengan bonek). Tenkz,,

Salam Satoe Nyali Lurd,,

avatar..::PENTING dan WAJIB DIBACA::..
Catatan tentang ][ PERSEBAYA DARI MASA KE MASA ][ ini di tiktik oleh pada hari Kamis, 07 Februari 2013. Tenkz atas kunjungannya kawan DuTie dan jangan lupa buat mampir lagi ya?!? He..86x.
JIKA KALIAN INGIN _COPAS_ BOLEH-BOLEH AJA. ASAL JANGAN LUPA SERTAKAN LINK NYA. TENKZ UNTUK PENGERTIANNYA.

27 komentar:

  1. wuih,, ternyata PSSI terinspirasi dari Persebaya ya,, ,,Kagum,,
    tapi masih juara runne up kalah sama Persija di tahun 1938,,hehe,,
    aq mantan Persija junior nih,,tapi walopun kita beda jalur,,tapi tetep damai aja kan,, ,,GudLuck,, aja deh buat persepak bolaan Indonesia,,

    BalasHapus
  2. hm, suka bola mbayu...kalau untuk kondisi sepakbola kita...sy ga terlalu respect...lebih asyik menonton liga-liga diluarnegeri sana.

    BalasHapus
  3. wuih mantap juga ya sob,sejarahnya sudah banyak juga.terima kasih infonya.

    BalasHapus
  4. pokoke persebaya gw bgt lah.. Hehe..

    BalasHapus
  5. Wew, Bonek ya ternyata kamu. .

    BalasHapus
  6. kunjungan malam !ikut nyimak sobat!buat bonek salam dari viking bubat

    BalasHapus
  7. met malam mbk'e we persebaya'y mbk hehehe.. klu aq netral'j mbk wkwkwkw

    BalasHapus
  8. Saya kurang paham atau benci dengan bola, cuma kurang pahan He..86x

    BalasHapus
  9. Berkunjung... hidup arek2 surabaya.. Semoga semua sehat :)

    BalasHapus
  10. seuh, bonita, rek. jiwa patriotismenya keren banget. hafal betul sama tim jagoan. salam juga deh dari bobotoh yang domisili di surabaya juga nih. :)

    BalasHapus
  11. Wih banyak juga prestasinya baru tau aku, soalnya aku bukan orang Surabaya sih hehe 85x

    beda dengan TimNas yg belum menunjukan prestasinya...

    BalasHapus
  12. wah sobat nih ternyata "BONEK" juga ya..? wah hafal banget persebaya dari masa ke masa hehehehehe

    BalasHapus
  13. sy prihatin dengan adanya carut marut di persebaya yg di dukung bonek (1927) sekarang..
    www.facebook.com/hooliganvikerz

    BalasHapus
  14. sumpah gila banget dah sampe paham dari awal sampe akhir ni bocah.
    salut dah
    ya meski saya aremania, tapi saya salut sama persebaya, dari era perserikatan samapi sekarang masih bisa hidup, tidak seperti tim lain yang sudah tidak berdaya menghadapi liga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ngaku nyontek, salut deh cuma perlu disebutin diawal sumbernya Kagum

      Hapus
  15. persebaya.. persebaya iwak peyek iwak peyek *ehhh

    persebaya adalah legenda, dan bonek adalah yang membela legenda

    BalasHapus
  16. yang penting sego peyek...sego peyekkk..sego jagung sampek tuek bloge ke tetap di sanjung...gtu yo ...rekkkkk

    BalasHapus
  17. Persebaya nih?
    Saya orang semarang...
    Tapi thx 4 share... :)

    BalasHapus
  18. detail banget ya data history surabaya...luarbiasa :)

    BalasHapus
  19. banyak hal yang kita dapatkan dari nonton bola, tak terkecuali persebaya.

    BalasHapus
  20. Ternyata panjang ya perjalanannya :)

    BalasHapus
  21. Salam satu nyali....dari Pekanbaru

    BalasHapus
  22. kemarin di jawa pos ini juga di ulas mbak di kolom olahraga. :)

    BalasHapus
  23. Bolanya kemarin saya lihat bulat kotak-kotak, benar nggak kawan Ide

    BalasHapus

❢WARNING❢ FOR KAWAN ☆DUNIA ♥ T-WEKZ LIB'Z☆

Ber Caz Ciz Cuz lah dengan penuh KESOPANAN

Jangan ada kata PENGHINAAN, PELECEHAN dan SPAMMER

You FOLLOW, I FOLLBACK dan NO LINK AKTIF

Untuk EMO, kawan DuTie tinggal ketik sbb ::     ▸Bingunk     ▸He..86x     ▸Cinta     ▸Hu um     ▸Huhh     ▸Ide     ▸Keren     ▸Malu     ▸Marah     ▸Nangis     ▸Emmm     ▸Yeek     ▸Sedih     ▸Ouw     ▸Whaha

Ω TERIMAKASIH,, ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN DUTIE Ω

..::5HARE TO::..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Pie 86 peE -{_Gallery ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥_}-