Jumat, 27 April 2012

][ JANGAN LUPA SARAPAN ][


Susu, nasi goreng, bubur ayam, roti selai, sereal. Aduchhhhhhhhh,, sarapan kok jadi menakutkan sich?!? Takut gemuk nichhh. Padahal sarapan itu penting katanya. Bener gak sich?!?

Gak Sarapan.
Kalo kamu pikir gak sarapan bisa menurunkan berat badan, kamu salah besar. Atau kamu gak suka sarapan karena terburu-buru diwaktu pagi ya?!? Padahal sarapan itu sangat penting loh. Kenapa bisa begitu?!? Jawabannya adalah karena semalaman tubuh kita udah berpuasa dan harus diisi lagi di waktu pagi (makanya namanya breakfast yang artinya pembatalan puasa). Sarapan adalah waktu makan sebelumnya bisa berkisar 12 jam. Karena gula darah kita diwaktu pagi rendah, maka kita dianjurkan untuk makan makanan yang agak manis dan bergizi tinggi. Supaya lebih bertenaga maksudnya.

Kenapa Sarapan?!?
Sarapan sangat penting karena berhubungan dengan metabolisme tubuh kita. Dengan kata lain, semua proses kimia terjadi di pagi hari. Melewatkan sarapan hanya akan memperlambat metabolisme tubuh dan hal ini bisa mengarah ke penambahan berat badan, keletihan dan kebodohan. Berat badan ita akan bertambah dengan sendirinya karena tubuh menyimpan energi sebagai cadangan dan akan dipakai jika tubuh kita gak diberikan makanan. Semakin tinggi metabolisme tubuh kita, semakin mudah sistem di dalam tubuh bekerja. Kerja jantung dan otot pun akan semakin ringan. Makanya jangan lupa untuk sarapan. Lebih ocae lagi kalo sarapan kita terdiri dari porsi kecil namun teratur. Diantara waktu makan, cobalah ngemil makanan kecil yang sehat seperti buah dan yogurt. Lalu jangan lupa tuk olahraga secara teratur.

Kopi Dan Cokelat Boleh Gak?!?
Maaf, kopi dan cokelat ternyata gak layak dijadikan sarapan pagi. Pasalnya kedua makanan itu dapat membuat gula darah kita gak stabil dan hanya akan membuat kita ketagihan makanan manis sepanjang hari. Kalo kamu suka cokelat, lebih baik dimakan saat siang. Makanan untuk sarapan seharusnya mengenyangkan dan bergizi. Kalo kamu terburu-buru, bungkus aja roti mentega yang berisi telur. Bergizi kan?!?

Sarapan Dan OlahRaga
Berolahraga dengan perut kosong memang membuat lemak tubuh lebih cepat terbakar. Tapi kalo kita malah lemas atau bahkan pingsan jelas gak ada artinya. Coba dech makan buah lebih dulu kalo malas makan atau minum air putih. Yang jelas dengan sarapan, acara olahragamu bakal lebih baik lagi.

Efek Gak Sarapan.
Di pertengahan pagi (sekitar jam 8 – 10) kita akan merasa luarbiasa lapar. Yang pasti bakal ngemil seperti junk food. Makanan seperti kue dan permen memang akan memberi rasa kenyang tapi Cuma sebentar. Apalagi makanan ini sangat kurang mengandung vitamin, mineral dan serat yang sangat diperlukan tubuh kita. Akibatnya tubuh kita bakal berteriak lapar lagi dalam jumlah yang lebih besar. Nachhh,, katanya mau diet. He..86x.

Sarapan Sehat Apa Aja Sich?!?
1.       Roti Gandum Dan Telur.
Gandum mengandung zat besi dan lambat melepaskan karbohidrat sehingga protein dan biotin yang membuat rambut, kuku dan kulit kita sehat.
2.       Buah Segar Dan Yogurt.
Buah adalah sumber gizi dan serat, namun gak akan membuat kita kenyang dalam waktu lama. Tambahkan aja yogurt yang mengandung bakteri baik.
3.       Smoothie.
Males sarapan berat?!!? Campurkan aja buah dan susu kedalam blender dan dalam waktu singkat kamu udah merasa kenyang. Untuk lebih siepzZznya, campurkan kacang almond yang kaya omega 3 sebagai makanan otak dan kulit.
4.       Nasi, Sereal Dan Bubur.
Makan dalam porsi kecil dan kunyah baik-baik. Perhatikan campurannya. Hindari nasi yang mengandung santan. Makan terlalu kenyang hanya akan membuat kita ngantuk dan malas bergerak.

avatar..::PENTING dan WAJIB DIBACA::..
Catatan tentang ][ JANGAN LUPA SARAPAN ][ ini di tiktik oleh pada hari Jumat, 27 April 2012. Tenkz atas kunjungannya kawan DuTie dan jangan lupa buat mampir lagi ya?!? He..86x.
JIKA KALIAN INGIN _COPAS_ BOLEH-BOLEH AJA. ASAL JANGAN LUPA SERTAKAN LINK NYA. TENKZ UNTUK PENGERTIANNYA.

8 komentar:

  1. waah..., jadi ingat dulu ketika masih di ibtidaiyah
    ibuk saya bener melarang saya untuk berangkat ke sekolah kalo ga mau sarapan terlebih dulu. "Ga usah sekolah kalo ga mau sarapan," begitu kata ibuk.

    hehehe...., kalo anak sekarang, barangkali jawabnya, "Asyik...! Hari ini boleh ga berangkat sekolah ya, Buk!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. hu um maz. aq aja malah disuruh bolos tapi gak mau n mewek^. tapi anak sekarang, seneng nya minta ampun. he..86x. jaman emank berubah . .

      Hapus
  2. Sarapanku bener2 gak sehat pie, segelas kopi, sekerat roti dan sebatang rokok hahahha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hadech,, apa para cowok kebanyakan kayak gitu?!? . .

      Hapus
  3. kalo gitu mulai besok kamu bawain aku sarapan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . tenag aja pid. pid sarapan krutu kan?!? he..86x . .

      Hapus
  4. Tapi aku tida terbiasa dengan sarapan tu non,, apa itu tidak baik bagi kesehatan saya.. biasanya saya sarapan sekitar jam 10 keatas... apa ada cara buat aku untuk nambahin nafsu makanku???

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . ya itu minum jus buah ja kawan. tinggal minum aja tapi menyehatkan. gimana?!? . .

      Hapus

❢WARNING❢ FOR KAWAN ☆DUNIA ♥ T-WEKZ LIB'Z☆

Ber Caz Ciz Cuz lah dengan penuh KESOPANAN

Jangan ada kata PENGHINAAN, PELECEHAN dan SPAMMER

You FOLLOW, I FOLLBACK dan NO LINK AKTIF

Untuk EMO, kawan DuTie tinggal ketik sbb ::     ▸Bingunk     ▸He..86x     ▸Cinta     ▸Hu um     ▸Huhh     ▸Ide     ▸Keren     ▸Malu     ▸Marah     ▸Nangis     ▸Emmm     ▸Yeek     ▸Sedih     ▸Ouw     ▸Whaha

Ω TERIMAKASIH,, ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN DUTIE Ω

..::5HARE TO::..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Pie 86 peE -{_Gallery ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥_}-