Kamis, 03 Januari 2013

][ MASEHI JADI ACUAN ][

Dunia ♥ T-WekzLib

Lima.......... Empat.......... Tiga.......... Dua.......... Dua Setengah.......... Dua Seperempat.......... Dua Seperempat Kurang Dikit.......... dan.......... SATUUUUUUUUUU. Tereeeeeeett -{_Suara klarinet Squidward di tiup dari Bikini Bottom sebagai tanda Tahun Baru 2013_}-. Hari ini masih nuansa Tahun Baru kan?!? UpzZz,, by the way sejak kapan ya orang-orang di dunia ini pada ngerayain tahun baru?!? Kok kayaknya udah jadi tradisi tahunan gini!! Lalu kenapa tahun baru selalu identik dengan hal-hal yang menyenangkan?!? Hayuk,, kita sama-sama masuk lorong waktu. Agar kita sama-sama tau.

TAHUN BARU DAN SEJARAH AWAL

Konsep perayaan penyambutan tahun  baru sebenarnya ada sejak 2000 SM. Bangsa Babilonia memperingati hari pertama musim semi sebagai tahun baru bagi mereka. Mereka merayakannya dengan sebuah festival keagamaan bernama Akitu. Sejak saat itu selama sebelas hari berturu-turut, mereka selalu mengadakan festival yang berbeda-beda. Momen tersebut merupakan peringatan datangnya musim yang penuh dengan kelahiran baru dan musim tanam baru.

Gak hanya bangsa Babilonia, saat peradapan manusia belum memiliki satu kepakatan penanggalan yang sama. Masing-masing bangsa kuno memiliki tahun baru versi mereka. Untuk bangsa Mesir, misalnya tahun baru dimulai dengan banjir tahunan Sungai Nil.

Terus sejak kapan dong merayakan tahun baru setiap 1 Januari?!? Perayaan tahun baru 1 Januari ada sejak 45 SM di zaman Julius Caesar. Dialah yang menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun baru.

Ketika di angkat menjadi kaisar, Julius memang mengubah penanggalan tradisional Romawi. Sebelumnya menggunakan penanggalan yang setahun terdiri atas 304 hari atau sekitar 10 bulan, Julius Caesar menggantinya menjadi 12 bulan dalam setahun. penanggalan baru yang dinamakan kalender Julius itu didasarkan pada revolusi matahari.

Bangsa Roma merayakan tahun baru 1 Januari sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Janus sebagai Dewa Awal. Bangsa Roma merayakannya dengan memberikan sesajen kepada Dewa Janus seperti mengadakan pesta, menukarkan hadian dengan sesama masyarakat bangsa Roma dan juga mendekorasi rumah mereka. Widichhhhh,, ternyata sudah sejak lama ya ada pesta tahun baru?!? He..86x.

Terus kalau tahun baru yang sekarang, mulai di kenal dari mana?!? Saat ini kita menggunakan kalender Gregorian yang disepakati sebagai penanggalan di seluruh dunia. Kalender Gregorian yang mulai digunakan pada 1582 adalah penyempurnaan dari kalender Julian. Maka penetapan tahun baru tepat pada 1 Jnuari dan berlangsung sampai sekarang.

TAHUN BARU DAN TRADISI

Sejak 1900 berbagai bangsa dan negara diseluruh penjuru di dunia ini mulai menandai pergantian tahun dengan perayaan, festifal dan hal-hal yang menyenangkan. Di berbagai negara, perayaan tahun baru di mulai pada 31 Desember malam hingga 1 Januari dini hari. Detik-detik pergantian tahun itulah yang menjadi precious moment bagi semua orang di bumi.

Pesta, acara makan-makan bersama, parade, pesta kembang api, sampai resolusi-resolusi yang pengen di capai di tahun yang baru seakan-akan numpuk jadi satu di waktu yang sama. Di Indonesia  udah jadi kebiasaan tahun baru berpesta kembang api, berkumpul bersama keluarga dan makan-makan bersama atau pun konvoi.

avatar..::PENTING dan WAJIB DIBACA::..
Catatan tentang ][ MASEHI JADI ACUAN ][ ini di tiktik oleh pada hari Kamis, 03 Januari 2013. Tenkz atas kunjungannya kawan DuTie dan jangan lupa buat mampir lagi ya?!? He..86x.
JIKA KALIAN INGIN _COPAS_ BOLEH-BOLEH AJA. ASAL JANGAN LUPA SERTAKAN LINK NYA. TENKZ UNTUK PENGERTIANNYA.

43 komentar:

  1. happy new year :D gpp telat dikit

    BalasHapus
  2. selamat tahunnn baruuu yaaaaa

    BalasHapus
  3. baru tahu nih. . .
    kunbal nya di tunggu mbak brow. . .
    eko91.xtgem.com

    BalasHapus
  4. Karena menurut saya di tahun baru itu segala sesuatu (Setiap manusia:) akan membenahi dirinya,Entah dari sifat,dst.Dan juga di tahun baru adalah momen yang sangat indah.

    BalasHapus
  5. MET TAHUN BARU VIE!!!!
    :D
    semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin..
    eh, mau pulsa gratisan gak? aku lg bikin GA, mampir ya

    BalasHapus
  6. wiih,, rupanya gitu ya asal usul perayaan tahun baru...

    BalasHapus
  7. iya dijaman romawi itu juga, banyak kebudayaan pagan di integrasikan ke dalam agama nasrani yang kala itu, sudah banyak pemeluknya dari bangsa romawi. Sehingga sampai sekarang perayaan-perayaannya tidak hanya dirayakan oleh pemeluk agama nasrani tapi jadi mendunia..

    BalasHapus
  8. oh jadi begitu ya sob ceritanya,menarik juga ya ceritanya.selamt tahun baru ya sob...

    BalasHapus
  9. sejak kmarin mbk. jga sejak dulu wak'yu heheh

    BalasHapus
  10. heheh.kyk sejarah natal. keren postingnya

    BalasHapus
  11. ;;hadech;; aq gak terlalu paham soal ginian nih,,tapi tuh yang jelas,,bangsa mana ya,,kok nama bangsanya gak enak banget (BABILONIA) coba deh di eja dan di pisak jadi 3 kata,,jadi kasian banget yang punya nama )nia(,,pasti hidupnya tersakiti terus tuh,, he..86x

    BalasHapus
  12. Bikini Bottom bukanya kota yang ada pada kartun sepongebob itu ya kak,, haha baclink > http://www.romantis-xp.asia

    BalasHapus
  13. tahun baru dah berselang 3 hari,, namun blm rela ninggalin 2012,, sebenernya blm punya persiapan untuk 2013 semoga sobat udah bersiap dengan hidup baru hehehe

    BalasHapus
  14. posting nya bagus... Bisa buat tambah pengetahuan..
    Happy new year ea...

    BalasHapus
  15. posting nya bagus.. Bisa buat tambah pengetahuan..
    Happy new year ea,..

    BalasHapus
  16. wah, dunia mau kiamat kok di rayain ya orang-orang ini gimana... Semakin tua wayae ki miker, kedepan bagaiamana di akhirat... Hmmm...
    Hehehe... Tapi yang penting komennya gak jotos-jotosan lho yo.... Saya yang pertama nih...
    Hehehe

    Mbak mohon komentar ya... Wajib nih
    Di artikel ini http://jabungleopark.blogspot.com/2013/01/apapun-keinginan-anda-bank-mandiri-saja.html

    BalasHapus
  17. kunjungan pagi sob...ya sudah tau ,sekarang ...sob...

    BalasHapus
  18. wehh jadi belajar sejarah nih aku ,, hikhik trims infonya ,,, soalnya saya kurang begitu tau dengan hal2 seperti ini ,, ^_^

    BalasHapus
  19. kalo bagi kita sudah menjadi sutu tradisi,, kebanyakan pada ikut ikutan aja merayakannya...!!
    selamat sore :)

    BalasHapus
  20. Ikut nyimak dimari sis..
    btw suka liat film spongsbob nih kayaknya.. hehe

    BalasHapus
  21. 45 SM, wiiih sudah lama juga yah :D keren

    BalasHapus
  22. Hmmm kelihatanya sudah paham banget ya tentang sejarah2 perayaan tahun baru yg terjadi di berbagai belahan penjuru dunia...

    BalasHapus
  23. Wah... suka sama kartun Spongebob nih. Hehehe...

    Tahun baru atau tahun lama, bagiku sama saja, gk ada yg istimewa.

    BalasHapus
  24. D submit aja di www.kliker.us

    BalasHapus
  25. mlm mbk'e ko gk di kluar2rin cmn nya mbk nunggu ngendok dulu'y heheh..

    BalasHapus
  26. Izin nyimak kak, sama mau ngasih tau, link kakak saya pasang disidebar kak coba diliat lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. .. maav,, aq gak tau alamat blog situ. bisa mohon bantuan nya untuk kasih saya link situ. tenkz ..

      Hapus
    2. ini kak http://ricahyap.blogspot.com/

      Hapus
  27. tanggal 1 januari ultah orang tuaku.

    BalasHapus
  28. kalau aku sih lebih seneng ke acara makan2nya,..
    bakar sate kambing rame2,..
    heheh...
    #kenyang

    BalasHapus
  29. Selamat pagi sahabat selamat beraktifitas di awal tahun 2013...

    BalasHapus
  30. Thx ya infonya...
    Maaf tidak sering berkunjung karena sibuk sekolah... :(

    BalasHapus
  31. yaelahh dah lama sangat yah dari jaman julius caesar

    BalasHapus
  32. di nikmati saja dah kak.. selalu mencoba menjadi yang terbaik :D

    BalasHapus
  33. tahun baru di tempatku pasti ada gerak jalan hbs tu pensi, dangsut,band2an, aku panitia,juga ngisi sama band ku He..86x

    BalasHapus
  34. happy new year and get new spirits maksutnya semangat baru gitu

    BalasHapus
  35. Masih bau bau new year... ucapin happy new year buat semua sobat blogger.. semoga di tahun 2013 semua yang di citakan terkabul dan makin maju bloger indo.

    BalasHapus
  36. perayaan yang salah kaprah yach?

    BalasHapus

❢WARNING❢ FOR KAWAN ☆DUNIA ♥ T-WEKZ LIB'Z☆

Ber Caz Ciz Cuz lah dengan penuh KESOPANAN

Jangan ada kata PENGHINAAN, PELECEHAN dan SPAMMER

You FOLLOW, I FOLLBACK dan NO LINK AKTIF

Untuk EMO, kawan DuTie tinggal ketik sbb ::     ▸Bingunk     ▸He..86x     ▸Cinta     ▸Hu um     ▸Huhh     ▸Ide     ▸Keren     ▸Malu     ▸Marah     ▸Nangis     ▸Emmm     ▸Yeek     ▸Sedih     ▸Ouw     ▸Whaha

Ω TERIMAKASIH,, ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN DUTIE Ω

..::5HARE TO::..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Pie 86 peE -{_Gallery ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥_}-