Jumat, 01 Juni 2012

][ JADI FORENSIK YUK ?!? ][

 ☆Dunia ♡ T-WekzLib
Kamu suka baca atau nonton film Detektif Conan gak?!? Atau kamu malah penggemar berat sama Sherlock Holmen. Nachhh,, berarti kamu udah gak asing lagi donk sama yang namanya forensik. Biasanya nich begitu ada korban pembunuhan lalu Conan langsung dech melakukan aksinya ke-TKP. Terus dia meneliti mayat korban sampai ditemukan petunjuk kematian. Kalau udah kayak gitu bisa dikatakan seru banget atau malah menyeramkan?!? He..86x.

Namun dengan kecanggihan teknologi, bukan hanya mengidentifikasi jenazah yang tidak dikenal aja loch, tetapi ilmu forensik juga bisa mengidentifikasi jenazah yang rusak, membusuk, hangus terbakar, kecelakaan masal, bencana alam, huru hara yang mengakibatkan banyak korban meninggal serta potongan tubuh manusia atau kerangka. Namun ilmu forensik berperan pula dalam berbagai kasus seperti visum korban penganiayaan anak, bayi tertukar atau yang diragukan oleh orang tuanya.

Emmmmmm,, kalian mau tau gak cara mengungkap fakta dari jenazah?!? Yuk,, yuk,, kita coba aja contohnya kayak menyelidiki korban penembakan. Karena akhir-akhir ini memang banyak penjahat bersenjata api yang berkeliaran. Makanya kita harus hati-hati kalau gak mau jadi korban penembakan tersebut. So,, sekarang kita belajar meneliti jenazah aja yuk?!?

FOTO KORBAN
Sebelum melakukan pemeriksaan kita harus memotret korban terlebih dahulu. Mulai dari wajah sampai ujung kaki. Angle foto harus bersudut 90 derajat. Itu semua bertujuan agar foto lebih jelas dan menyeluruh. Jadi analisa yang dihasilkan pun akan lebih tajam.

SIDIK JARI
Jangan lupa untuk mengambil sidik jarinya ya?!? Soalnya ini adalah bukti identitas yang dianggap akurat. Karena nanti sidik jari mayat tersebut akan dibandingkan dengan data sidik jari di kepolisian maupun kependudukan.

DARAH KERING
Coba kalian perhatikan bercak darah di sekitar korban. Lalu kalian kumpulkan semuanya, walau pun ada yang mengering kalian kerik aja. Sebab bercak darah di TKP belum tentu hanya dimiliki korban. Bisa aja kan sang pelaku juga sedang terluka akibat bertarung dengan korban.

TES URINE
Tusuk kandung kemih korban untuk mengambil sempel urine. Pastikan kamu melakukan ini setelah membedah mayat dan sebelum mengambil organ tertentu. Karena lewat urine bisa diidentifikasi berbagai kandungan zat yang masuk dalam tubuh korban.

PERIKSA PAKAIAN
Perhatikan pakaiannya. Kalian teliti seluruh bercak atau noda dipermukaan kain. Selain itu jenis kain dapat menjadi petunjuk jarak tembakan. Hal ini dilihat berdasarkan ketebalan kain.

BUKTI BALISTIK
Dari peluru yang telah bersarang di tubuh korban, maka bisa diketahui jenis peluru dan jenis senapan. Apabila ditemukan reaksi mesiu pada tubuh korban, bisa jadi korban ditembak dari jarak deket.

SAMPEL DARAH
Cek sempel darah korban. Selain mengetahui golongan darah korban, lewat uji ini bisa diketahui apakah korban termasuk perminum atau malah pengguna narkoba.

Nach,, kalian semua sekarang udah taukan cara meneliti jenazah?!? Maka kini waktunya tahap identifikasi. Mau tau juga gak kayak apa?!?

PENGAMATAN LUAR
Melihat cara berpakaian korban, memotret dan mencatat temuan. Dokumen seperti kartu identitas dan sejenisnya akan sangat membantu mengenali jenazah tersebut.

AMATI BARANG YANG DIKENAKAN
Dari pakaian dan perhiasan yang dikenakan jenazah dapat diketahui merk, ukuran dan badge yang dapat digunakan untuk identifikasi. Sekali pun telah terjadi pembusukan pada jenazah.

PERIKSA TUBUH BAGIAN DALAM
Pemeriksaan ini meliputi pencatatan data gigi (odontogram) dan rahang yang dapat dilakukan dengan pemeriksaan manual. Jika masih sulit dikenali kita dapat membedah mayat dan melihat organ dalamnya.

UJI ORGAN DI LABORATORIUM
Organ dalam seperti lambung, paru-paru dan hati dapat digunakan untuk mengidentifikasi  penyebab kematian. Kita bisa mengekstrak zat didalamnya, lalu menyimpannya untuk dilakukan pengujian laboratorium lebih lanjut.

Setelah kita melakukan semuanya bagaimana cara mendeteksi identitas korban, maka kini saatnya memperkirakan waktu kematian korban. Karena beberapa petunjuk yang tampak pada jenazah bisa dijadikan patokan loh.

CEK MATA
Jika retina mata korban mulai memucat dan daerah sekitar mata mulai menguning, maka itu artinya korban baru dua jam tiada. Enam jam pasca kematian kornea mata akan berubah menjadi keruh kecoklatan. Hal tersebut itu terjadi lapis demi lapis dan bisa dihilangkan dengan air.

CEK SALURAN CERNA
Kasus pembunuhan atau bunuh diri juga bisa dicek dari bagian pencernaan juga loh. Karena kecepatan pengosongan lambung variatif, waktu makan tidak bisa jadi tolok ukur. Tapi isi lambung bisa digunakan untuk menyimpulkan bahwa korban makan makanan terbut sebelum meninggal.

LIHAT RAMBUT DAN KUKU
Rambut kita tumbuh dengan kecepatan 0,4 mm/hari. Jadi ukuran panjang rambut bisa digunakan untuk memperkirakan kematian. Kuku juga memiliki kemampuan tumbuh sekitar 0,1 mm/hari. Bila jasad ditemukan telah lama tak bernyawa, bisa di ungkap sudah berapa lama saat terakhir dia memotong kuku.

AMATI PERUBAHAN KERANGKA
Identifikasi ini jadi cara paling umum untuk mencari tahu asal usul si korban. Tulang wajah terutama bagi yang ditemukan dalam keadaan utuh digunakan untuk mencari tahu tanda kekerasan dan memperkirakan penyebab kematian.

Nachhhhh,, bagaimana pendapat kalian setelah mempelajari tentang forensik tadi?!? Udah jadi merasa kayak Conan belum?!? He..86x.

avatar..::PENTING dan WAJIB DIBACA::..
Catatan tentang ][ JADI FORENSIK YUK ?!? ][ ini di tiktik oleh pada hari Jumat, 01 Juni 2012. Tenkz atas kunjungannya kawan DuTie dan jangan lupa buat mampir lagi ya?!? He..86x.
JIKA KALIAN INGIN _COPAS_ BOLEH-BOLEH AJA. ASAL JANGAN LUPA SERTAKAN LINK NYA. TENKZ UNTUK PENGERTIANNYA.

65 komentar:

  1. tugas yg mengerikan.., liat darah aja biasax org ada yg gk kuat apalg liat korban :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . kalo aq sich lebih takut kalo pas liat mayat gitu. huhh. mungkin cz aq punya pengalaman yang gak mengenakan. jadi nya rada takut gitu. huhh . .

      Hapus
  2. Wow..ngeri banyangin tusuk kandung kemih

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . emank nya kenapa?!? kan kalo udah meninggal gitu gak akan merasakan sakit kan?!? he..86x . .

      Hapus
  3. saya suka nonton film tapi film horor...hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hadechhhhh,, menyeramkan. huhh . .

      Hapus
    2. pilm horor itu menyeramkan tapi asyiik loh..hehehe..

      Hapus
  4. Boleh juga membawa pembaca dari cerita detektif conan lalu pelan2 ke isu yg intelek dan ilmiah. Hebat, top banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . situ suka Conan juga kah?!? he..86x . .

      Hapus
    2. conan the barbarian saya sukanya

      Hapus
    3. . . he..86x. kalo aq sich pengen makan barbieque. he..86x . .

      Hapus
  5. wah ribet ya jadi ditektif..mending saya ngansip!!

    yaudah saya lanjut ngansip ya ke blog lain..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . wachhhhhh,, jangan lupa ngansipin blog aq juga ya kawan?!? he..86x . .

      Hapus
  6. bermanfaat banget ni ilmunya, aku kan connan wannabe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. ocae dech. trz sekarang km dalam misi apa ne?!? . .

      Hapus
    2. misi membongkar rahasia 86 kk he...86x

      Hapus
    3. . . he..86x. gak usah dibongkar juga udah aq bongkar kok. he..86x . .

      Hapus
  7. atau ada yang mau download aneime detektif conan kesini aja ...hihi

    http://onepiece-ever.blogspot.com/search/label/Detective%20Conan

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . cieyyyyyyy,, promosi nieyyyy. he..86x . .

      Hapus
  8. Balasan
    1. . . he..86x. situ juga kah?!? oia gimana ne kabar nya?!? lama gak jumpa . .

      Hapus
  9. kalok jadi macem detective gitu emang asik banget. dulu malah cita2 saya pengen jadi detektip kayak konan..
    bhakaka ngimpi

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . kenapa bisa ngimpi. di coba aja. sapa tau situ bisa jadi detektif . .

      Hapus
    2. wah itu dulu, sekarang tidak, karena saya selalu minum... *eh..?

      iya itu dulu, sekarang pengennya jadi blogger murtad sepanjang abad.

      Hapus
    3. . . wachhhhh,, hampir aja nyrempet ke sponsor. he..86x . .

      Hapus
  10. wahh gua gak berani meriksa mayat,,
    nanti bangun gmana yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . ya km tinggal yang pura^ meninggal aja. kan bisa gantian. situ idup lagi n km meninggal lagi. he..86x . .

      Hapus
  11. hadeh, cari kerjaan yang enak dikit napa. alo ini mah mengerikan X_X ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. takut sih kagak cuma agak gmn gitu :))

      Hapus
    2. . . hayochhhhh,, gimana hayoch,, he..86x . .

      Hapus
  12. ngri nie sist. klo tubuhnya msih utuh si ga papa, klo ud acak acakan macam martabak. wah takut saya. saya dulu pengen masuk kedokterna tapi ga jadi, klo jadi. wah ngeri juga y.... tapi itu alesan aja, padahal si ga jadinya karena ga di terima. ups, di terima si tapi saya tolak.

    hebat ya, saya bisa menolak jurusan kedokteran. saya ketrima di kedokteran ITB

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . yachhhhhhh,, eman kawan. padahal itu seru loh. he..86x . .

      Hapus
  13. membaca uraian dalam postingan ini serasa seperti saya menjadi sherlock holmes yang siap beraksi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . cieyyyyyyyyyy,, met beraksi kawan. he..86x . .

      Hapus
  14. pd artikel tertentu emank sengaja form komenx sy ilangkan tp pd artikel yg paling atas selalu ada ko'...., btw ntr lg keluar artikel baru sy, dikomen ya.., thx Put.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . ocae dech,, langsung meluncur kawan . .

      Hapus
  15. hhhmmm hhmmm hhmmm =D7 ... saya suka conan :)) ... jadi banyak ilmu nih ,,, mantab ... :-bd

    seperti itu ya polisi meng indentifikasi korban pembunuhan atau bunuh diri... O:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . situ pasti pengen jadi penyidik kayak gitu ya?!? he..86x Gudluck ya?!? . .

      Hapus
  16. Q termasuk salah satu penggemar Sherlock Holmes. Bisa di lihat di pp fb q. Jadi kalau masalah detektif detektifan q termasuk jago. Tapi kalau yang serumit itu q gak ngerti. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . wachhhhhh,, hebat donk kamu. ajarin aq donk . .

      Hapus
  17. @sang empunya blog : wahaha..iya pasti mbak e!!
    saya gak akan lupa buat berkunjung ke rumah mbak yang mewah ini!! he..68x

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . widichhhhhh,, mewah dari hongkong. he..86x. lebih tepatnya yang biasa ini. huhh. he..86x. tenkz banget ya?!? . .

      Hapus
    2. bhahaha..iya deh!!

      terimakaih kembali mbak!!

      Hapus
  18. wew mantab nih empat jempol deh(nambah jempol kaki :P).
    ane suka dengan filem detective connan, seru sekali alurnya.. sherlock holmes ane hanya baca beberapa ceritanya. gak banyak. tapi beneran kren deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . waduch,, sampe jempol kaki segala ne. he..86x . .

      Hapus
  19. wah, jadi detektif gitu ya..??

    boleh juga kayaknya...

    tapi puyeng deh...
    :D :)) :-h 8-}

    BalasHapus
  20. Wahahahhaa... jadi pengen jadi connan neh vpie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . widichhhhhh,, silahkan kawan. he..86x . .

      Hapus
  21. btw aq malah sdh lihat film sherlock holmes 1 dan dua, kamu..?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . kalo aq liatnya cuma lewat youtube. he..86x. gak modal blas ya?!? . .

      Hapus
  22. wow banyak bener checkingnya ya sob,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. ea kawan. ribet bener ya?!? he..86x. tenkz kawan . .

      Hapus
  23. gue orangnya teledor ...
    gak cocok jadi ahli forensik gueee ...O:-)

    BalasHapus
  24. Wah... Aku gak berani kakak..
    Tapi postingannya keren..
    Bisa nambah pengetahuan.. Thankz

    BalasHapus
  25. dari pada baca enakan nonton gan,
    hikz hikz
    follow back nya gan.
    thanks before.

    BalasHapus

❢WARNING❢ FOR KAWAN ☆DUNIA ♥ T-WEKZ LIB'Z☆

Ber Caz Ciz Cuz lah dengan penuh KESOPANAN

Jangan ada kata PENGHINAAN, PELECEHAN dan SPAMMER

You FOLLOW, I FOLLBACK dan NO LINK AKTIF

Untuk EMO, kawan DuTie tinggal ketik sbb ::     ▸Bingunk     ▸He..86x     ▸Cinta     ▸Hu um     ▸Huhh     ▸Ide     ▸Keren     ▸Malu     ▸Marah     ▸Nangis     ▸Emmm     ▸Yeek     ▸Sedih     ▸Ouw     ▸Whaha

Ω TERIMAKASIH,, ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN DUTIE Ω

..::5HARE TO::..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Pie 86 peE -{_Gallery ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥_}-