Sabtu, 14 Juli 2012

][ SALAHKAH MUHAMMADIYAH ?!? ][

☆Dunia ♥ T-WekzLib
Di negara Indonesia yang kita cintai ini, warganya memang banyak penganut agama islam. Walau pun ada beberapa agama yang non muslim. Tapi agama islam sendiri ada banyak bermacam-macam aliran, misalnya NU, Muhammadiyah, Ahmadiyah, de el el. Tapi pada dasarnya islam ya sama aja. Sama-sama menyembah Allah swt, kitab sucinya ya Al Qur’an, nabinya, hadistnya, arah kiblatnya dan tempat ibadahanya pun juga di Masjid. Namun yang membedakan hanyalah pedoman dalam menerapkan agama. Misalnya dalam menentukan Hari Raya NU selalu melihat hilal dengan mata telanjang, sedangkan Muhammadiyah menentukannya dengan menggunakan hitungan ilmu astronomi. Tapi kenapa ada salah satu blogger yang berkomentar seperti ini dalam artikel Awal Puasa Ramadhan IkutPemerintah - Lebaran Ikut Muhammadiyah (http://www.catatan-r10.com/2012/07/awal-puasa-ramadhan-ikut-pemerintah.html)
☆Dunia ♥ T-WekzLib
Muhammadiyah ini emang pemecah belah umat
sudah jelas dalil" yang shahih bahwa Rasulullah dan para sahabat make hilal
ehhh mereka make hisab
gak malu apa sama penisbatan nama organisasinya sama Rasulullah

Saya memang bukan ahli agama, tapi setidaknya alangkah baiknya tidak menjelek-jelekkan seperti itu. Pake bilang kalo Muhammadiyah pemecah belah umat lah. Memang sich kata orang gak ada kecap no 2 alias mereka seenaknya menghina seperti itu dan menyakini dia benar. Mana yang katanya orang islam ramah dan damai?!? Tapi nyatanya sesama islam pun saling menyalahkan, menghina dan terkadang mereka beranggapan kalo mereka benar.

Saya pernah membaca dimana gitu, ada sebuah contoh tentang ajaran islam. Seumpamanya ajaran islam itu seperti seekor gajah. Gajah itu pun masuk dalam sebuah kampung yang penduduknya rata-rata buta. Maka setiap orang yang ada dikampung tersebut itu akan mencoba untuk mengenali sang gajah tanpa dengan indra penglihatan. Secara dia buta, jadi dia kan mengenali nya dengan indra perasa, indra penciuman dan indra-indra yang lainnya. Lalu salah satu penduduk memegang telinga gajah, maka dia pun menyatakan bahwa “telinga gajah itu sangat lebar”. Tapi pernyataan itu dibantah oleh orang lain yang memegang belalainya “salah,, yang benar adalah hidungnya gajah yang panjang”. Maka semakin banyak yang memegang gajah, maka semakin banyak pula pendapat mereka. Sekarang saya mau tanya, manakah yang benar?!? Yang benar adalah mencari kebenaran dengan ilmu pengetahuan tentang gajah. Jangan hanya mengenali sebagian saja lalu langsung memberi kesimpulan, alangkah baiknya mengenali secara keseluruhan.

Didalam Al Qur’an memang dijelaskan bahwa nanti akan ada lebih dari 73 macam aliran yang mengatas namakan islam. Islam yang sesungguhnya yaitu islam yang selalu berpedoman dengan Al Qur’an dan As Sunnah sebagai salah satu sumber syariat islam. Jadi kita tak akan pernah tau aliran yang paling benar dari berbagai macam aliran tersebut. Semua akan kembali kepada diri kita masing-masing. Suatu saat nanti Allah akan menjawabnya.
Jika ada yang gak suka dengan apa yang saya ketik di atas. Lebih baik simpan baik-baik jarimu itu. Namun jika karena itu kalian tidak mau berteman dengan saya. Saya persilahkan untuk Berhenti mengikuti blog ini. Saya tidak suka berdebat, karena bagi saya itu adalah awal dari permusuhan. TENKZ

avatar..::PENTING dan WAJIB DIBACA::..
Catatan tentang ][ SALAHKAH MUHAMMADIYAH ?!? ][ ini di tiktik oleh pada hari Sabtu, 14 Juli 2012. Tenkz atas kunjungannya kawan DuTie dan jangan lupa buat mampir lagi ya?!? He..86x.
JIKA KALIAN INGIN _COPAS_ BOLEH-BOLEH AJA. ASAL JANGAN LUPA SERTAKAN LINK NYA. TENKZ UNTUK PENGERTIANNYA.

132 komentar:

  1. tidak ada yang perlu..... di perdebatkan.... Hilal dan hisab.... mungkin keduanya Rasulullah pernah menggunakannya...

    mungkin kalau kita kembali lagi di zaman Rasulullah pasti kita tau... tapi itu tidak mungkin.... intinya... kerjakan saja Rukun Islam itu termasuk Puasa pada Bulan Ramadhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . sieppzZz,, bener banget kawan. setujuh7 aq . .

      Hapus
    2. yaa semua tergantung pada manusianya juga....

      kan semuanya yang menilai itu Allah... baik di mata manusia, belum tentu baik yang di lihat Allah....dan sebaliknya buruk di mata manusia baik pulak yang Allah lihat.....

      Hapus
    3. semua itu kembali lagi kepada kita... harus yang mana kita ikuti....

      ya ikuti hati nurani yang paling dalam saja....

      Hapus
    4. . . ea kawan. pokok nya apa pun yg kita pilih, smoga itu yg terbaik untuk kita. amieeeennn,, . .

      Hapus
  2. Itu yg Komentar tch tdk bepedidikan mungkin .... bilang seenaknya muhammadiyah .... sbenarnya muhammadiyah itu bepedoman kepada Al-qur an dan NU pada mimpinya ulama .... Bulan puasa lalu ada slah jamaah mesjid berkata Puasa Nu 30 dan Puasa Muhammadiyah 29 sbenarnya itu sma az ...

    kata siapa muhammadiyah pemacah belah umat islam? saya az bukan muhammadiya skolah di situ, muhammadiyah mengambil sesuatu dari Al-qur an dan Al hadits ... mreka juga mengajarkan bgmn umat islam tdk Taqlid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hu um kawan. sebenernya agama islam itu sama aja. tapi selalu itu aja yg dibahas. sampe^ ngatain kayak gitu. padahal itu kan gak baik menjelek^kan kayak gitu. huhh . .

      Hapus
    2. Kenapa NU kepada MIMPINYA Ulama ? Apa maksudnya ya ?

      Hapus
  3. ^_^... Postingan yang luar biasa sahabatku yang baik hatinya..
    orang yang bijak tidak akan memandang dari satu sudut, ia akan memandang dibeberapa titik sudut.. kemudian ia akan tersenyum bila ada masalah sperti ini salah satunya, krna kejadian ini sudah ada didalam lauhul mahfud..
    Memang perbedaan itu Allah ciptakan sendiri, namun perbedaan bukan untuk diperdebatkan yang bersipat menjerumuskan atau menjelekan apalagi bisa memecahkan silaturrahmi, tetapi perbedaan itu untuk saling melengkapi dalam satu tujuan, satu arah, satu kiblat ya'ni RIDHO ALLAH SEMATA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . ea kawan. saya juga ga pernah memperdebatkan masalah ini n baru kali ini. bahkan saya selalu dihina sama orang karena Muhammadiyah itu blablabla,, tapi aq sich diem aja. tapi baru kali ini aq melihat ada seseorang yang menghina kayak gitu. bener^ tajam banget . .

      Hapus
    2. diri ini akan selalu mensupportmu sahabatku, selama kamu ada dalam syariat islam agama Allah Yang Esa.. :)
      So, mari kita bersenyum and bersyukur apa yang Allah limpahkan nikmat-nikmat yang tiada tara.. :)

      Hapus
    3. Numpang nimbrung kawan........
      Saya sangat setuju apa yg dikatakan oleh sahabatku Lukman Hakim............
      Jadilah Orang Bijak yg selalu memandang dari beberapa sisi arah....Apalagi persoalan ini memang sudah ada dalam alqur'an dari 73 golongan hanya 1 yg benar.....dan mengetahui 1 yg benar hanya Allah yg tahu, kita hanya belajar dan mencari yang satu itu.......
      dan yg penting sikap kita ketika ada persoalan bersikaplah bijak sebelum mengambil keputusan.......untuk tidak bersikap Emosional......

      Hapus
    4. . . tenkz untuk kawan ku semua . .

      Hapus
    5. Betul...sob mari kita tegakan agama islam secara serentak emang benar kt Lukman Hakim kl perbedaan ini emang Allah yg nyiptain. Sepeperti halnya tubuh yg mana telah dibedakan bentuk dan fungsinya. Gmn kl Allah smkn rupa muka kita dgn bokong.. Lucu kan hehehe... Canda sob.
      Nah begitu jg dlm islam pengenalannya atw jalnnya menuju keridhoan Allah emang banyak jalan seperti yg tlh disebutkan oleh nb Mohammad saw bahwa umat islam akan menjdi 73 golongan di antaranya hanya satu yg akan di terima, siapa merka itu yaitu ummat islam yg msh berpegang atw ummat islam yg mash mengikuti petunjuk Allah swt yaitu Alquran dan hadist.
      Klw slh mhn di koreksi

      Hapus
    6. . . bener banget kawan. tenkz ya atas commentnya?!? . .

      Hapus
  4. saya juga terlibat dengan komentator disana..

    kalo berkenan silahkan tengok sendiri.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . seandenya aq lihat pas sebelum bikin postingan ini, pasti comment situ aq akan terbitkan juga. aq emank gak teliti. maav ya kawan?!? he..86x . .

      Hapus
    2. sudah...sudah....
      sebaiknya santai sejenak ...kita minum dulu agak secangkir teh jadilah.....biar kepala gak nyut-nyut....hehe...

      Hapus
  5. Balasan
    1. . . he..86x. sebenernya aq juga gak milih sapa^. cuman keluarga aq dari keluarga Muhammadiyah, trz ada seseorang yang ngatain kayak gitu. kok kesan nya gimana gitu. makanya aq bikin postingan kayak gini. agar tidak ada lagi yang menjelek^kan antar agama. walopun itu non muslim. aq hanya ingin semuanya tentram, dame n salink menghargai satu sama lain . .

      Hapus
  6. walah.. gue masi cetek ilmu Agama, ga mau berkomen apa2 takut........

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . sama kawan. aq juga kayak gitu. huhh . .

      Hapus
  7. sudah gak usah diperpanjang, krn masalah spt ini bukan hal baru dan telah menjadi sasaran empuk agama lain tuk memecah belah umat islam :) perbedaan itu indah jika kita bisa saling memaklumi, jikapun ada yg berpendapat 'gak enak atau merasa paling benar' maklumi aj krn itu juga bagian dari haknya tuk berpendapat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner bnget nch .... agama lain akn memanfaatkannya ....

      Hapus
    2. . . gak ada yg diperpanjang kok kawan. emank sich itu HAK MEREKA untuk berkomentar. tapi kan setidaknya komentar mereka itu yang baik dan sopan. jangan menjelek^kan kayak gitu. sampe ngatain pemecah belah umat lagi. emank sich aq masih gak tau tentang agama. karena sudah saya dijelaskan tadi di atas. aq emank bukan ahli agama. tapi setidak nya jangan kayak gitu. aq bikin postingan kayak gini hanya ingin, agar para blogger hidup rukun tanpa ada yang menghina kayak gitu. tenkz utuk comment nya . .

      Hapus
    3. belajar memaklumi itu agar kita tidak mudah terpancing, akan ada byk jenis komentar/orang yg tidak sesuai/berbeda dengan prinsip kita, yg kita sendiri tidak tau pasti tujuan dan latar belakang org tsb. So intinya itu aj, n aku ngerti maksudmu membahas masalah ini dan sangat memakluminya :) Tetap semangat :D

      Hapus
    4. Saya setuju.....apa kata sahabatku Waroeng coffe....
      sekalian Numpang ngoffee di sini, kayaknya nikmat banget...
      daripada pusing ngopi dulu deh....

      Hapus
    5. . . tenkz untuk kalian berdua kawan. he..86x . .

      Hapus
    6. Mbak Dhifa sepertinya masih marah, walaupun bagaimana juga kan perlu ngopi dulu, biar rileks...gitu loh...

      Hapus
    7. . . aq gak marah kok kawan. ngapain juga marah?!? he..86x. .

      Hapus
  8. ehhh jadi bingung dehhh kapan ramadhannya.

    BalasHapus
  9. nggak ngurusin yg seperti itu.
    yg terpenting puasa, sholat, ngaji, berdoa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf coba lihat ini mbak..
      http://muslim.or.id/ramadhan/14-amalan-yang-keliru-di-bulan-ramadhan.html

      Hapus
    2. . . aq udah kesana kawan. bener banget tuch yg no 1. masa berziarah kemacam pas sebelum bulan ramadhan?!? tapi kata ortu tujuan kita berziarah itu supaya kita sadar, suatu saat bakal meninggal seperti itu. tapi kalo untuk mendoakan orang yang meninggal itu cukup dirumah aja gpp. begitu katanya. pokoknya kebanyakan yg di ulas disana kebanyakan benar n aq setujuh. tenkz kawan . .

      Hapus
  10. wah itu yang komen goblok tuh,,,gak tau pendidikan.. hak usah diambil pusing,,udah banyak orang profokator kayak gitu,,, setauku muhammadiyah sangat berpegang teguh dengan AL-qur'an dan As-sunnah/Al-hadist...

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . gak baik kawan menjelek^kan orang kayak gitu. saya bikin postingan ini hanya untuk saling mengingatkan aja. supaya jangan sampe ada yang menjelek^kan lagi. begitu . .

      Hapus
  11. Jadi teringat sebuah ucapan seorang ulama mujtahid (kalu tdk salah Imam Syafi'i atau Maliki): “Mazhabuna shawab yahtamilu al-khatha, wa mazhabu ghairina khatha yahtamilu al-shawab: mazhab kami benar, namun boleh jadi mengandung kekeliruan; dan mazhab selain kami keliru, namun bisa jadi mengandung kebenaran”.

    Baik pemerintah maupun ormas, baik ulama satu maupun ulama lainnya, mereka menentukan awal bulan Qamariyah berdasarkan ijtihadnya. Sebagai sebuah produk ijtihad, maka bisa jadi benar dan bisa jadi salah. Dalam konsep ijtihad, yg benar dan yg salah, keduanya tetap mendapat pahala.

    "Apabila seorang hakim akan memutuskan perkara, lalu ia
    melakukan ijtihad, kemudian ijtihadnya benar, maka ia
    memperoleh dua pahala (pahala ijtihad dan pahala
    kebenarannya). Jika hakim akan memutuskan perkara, dan ia
    berijtihad, kemudian hasil ijtihadnya salah, maka ia
    mendapat satu pahala (pahala ijtihadnya)." (Riwayat Bukhari
    Muslim).

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . tenkz kawan karena telah menjelaskan tentang hal itu. tapi disini saya membikin postingan ini bukan untuk mencari sapa yang slaah n sapa yg benar. tapi saya hanya ingin smoga gak ada lagi yang menjelek^kan sesama umat muslim. begitu aja kok. skali lagi tenkz . .

      Hapus
  12. masalahnya pemerintah kita ini kurang tegas - dalam islam bisa disebut pemerintah yang lemah

    hanya di Indonesia, muslim ribut awal puasa dan lebaran, di negara lain insya allah umatnya kompak

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . maav kawan. postingan itu bukan untuk salink menyalahkan. postingan ini hanya untuk salink mengingat aja. kalo kita sesama umat muslim bukan untuk menjelek^kan. begitu aja. tenkz . .

      Hapus
  13. Ada yang perlu di ralat pi.. Ahmadiyah ga termasuk pengikut rasulullah.. karena ajarannya sudah jauh melenceng dari ajaran rosul..

    Btw,, akhirnya nih blognya Vpie pasang iklan juga.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. emank nya kenapa kalo ada iklan nya?!? he..86x . .

      Hapus
  14. hilal dan dan hisab itu tidak salah dan juga tidak benar,, rosululloh pernah menggunakan hilal dan pernah menggunakan hisab jadi tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar sendiri, silahkan cari dalil shohih yang membuktikan dengan kuat bahwa hilal benar dan hisab benar atau sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . tenkz kawan untuk penjelasan nya?!? . .

      Hapus
  15. kejam amat tu orang, saya aja sama keluarga beda - beda. Ada yang ikut ke NU dan adapula yang ikut ke Muhammadiyah. Selama ini saya sekeluarga gk pernah masalahin beda aliran antara NU dan Muhammadiyah. So, yang dibutuhkan itu adalah menghargai satu sama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . bener kawan. padahal islam mengajaran agar kita gak boleh saling menghina atau pun mengejek. tapi malah kayak gitu. huhh. smoga gak akan ada lagi yang kayak gitu. amieeeeennn,, . .

      Hapus
  16. sebenarnya sama aja, yang salah itu yang nggak puasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga setuju........ memang benar yg salah itu yg tidak berpuasa.....hehe..(Pinter juga ini orang)...

      Hapus
    2. Sangat betul yang salah lagi ikut sahur,ikut berbuka tapi nggak berpuasa...pinter juga ni yg balas koment neng ocha...hehe piss kang...jgn marah kan udah mau puasa wkwkwk.. 87x..

      Hapus
    3. Yang penting kita lihat saja besok....
      Siapa yg gak puasa sebenarnya.....hehe...

      Hapus
  17. ane bukan ahli agama, namun tau kalau hisab dan hilal ada penggunaannya masing2 dan keduanya DIHALALkan..
    sedikit saran saja untuk blog owner hendaknya aga di sensor untuk urusan seperti ini karena kata2 yang terdapat pada screenshot (tulisan yg dibahas) diatas terlalu vulgar... salam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . yachhhhhhhhhhhh,, udah terlanjur kawan. huhh . .

      Hapus
    2. hahaha,,, yasudahlah kalau begitu sobat gak papa..
      cuma takut menimbulkan evek yang lebih besar saja kalau sampai dibaca sama orang2 yang fanatik..
      u know lah bagaimana aliran2 islam sekarang.. :P
      hehehe,,, mampir lagi dimari... :)

      Hapus
  18. iyalah, kita cukup mengikuti pimpinan yang menentukan saja nanti. tak perlu diperdebatkan. selama kita ikhlas menjalaninya, masa iya sih Allah akan menyalahkan kita hanya karena kita mengikuti pemimpin yang (misalnya) salah. ramadhan akan selalu indah koq.

    BalasHapus
  19. Sahabatku yang terbaik.......
    Sesungguhnya ilmu Allah itu luas, sedangkan ilmu kita baru setetes air dilautan, bayangkan saja.....artinya masih banyak sekali yg harus kita pelajari..........
    "Ingat sahabatku, bahwa didalam tubuh Manusia itu memiliki 4 Hak azaz, yg harus anda ketahui, jika anda tahu dan memahaminya semua akan aman....yaitu:
    1. Sifat individu manusia tidak sama dan tdk bisa di rubah..oleh siapapun (Hormatilah itu).
    2, Setiap org Punya Keyakinan yg berbeda (Hormati dan Hargailah itu)
    3. Apapun tingkah laku Manusia pasti ada alasannya (kita juga wajib menghormati/menghargai)
    4. Harga diri (karena setiap org punya harga diri, sudah tentu dirinya minta di hargai, demikian juga kita semua ingin dihargai, maka hargailah orang lain)
    Ma'afkan saya sahabatku,....jika Terlalu banyak menulis......

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. Gud,, Gud,, Gud,, . .

      Hapus
    2. Ma'afkan saya mbak....
      Mungkin tulisan saya ngotori blog ini,....
      saya hanya menambah ilmu, dan ini sulit di dapat....karena ilmu itu di dapat ketika saya lagi di Amerika....hehee (guyon mbakyu jangan marah)...

      Hapus
    3. . . sapa yg bilank mengotori pak?!? justru bagus kok untuk menambah ilmu. tenkz ya pak?!? . .

      Hapus
  20. Adalagi yang lebih penting untuk kita jalankan....kita tidak usah terlalu jauh dengan situasi yg membuat kepala Pusing....Jika kita sudah mengakui Islam cukuplah:
    1. kerjakan Perinta.....
    2. Hentikan Larangan....

    apa yg diperintahkan dan apa yg dilarang semua sudah ada dalam Pedoman.....(Alqur'an- Al Hadits)
    Santai sajalah.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ma'af mbak....
      Bukannya saya mengajari mbak Dhifa.....
      Saya Tahu anda lebih pinter dari saya....
      Tapi sekedar mengingatkan saja....
      karena yg namanya berbagi itu indah.....

      Hapus
    2. . . kata sapa aq pintar?!? aq gak pintar kok . .

      Hapus
  21. Ya... itulah indahnya islam... meskipun berbeda tapi tetap satu... kaya bhineka tunggal ika githu... hehehe... meskipun berbeda cara pandang dan penerapan sebuah hukum islam.. Karna memang ada Ijma (Musyawarah) dalam islam. Tapi akidah tetap satu.. (rukun iman dan rukun islam = HARGA MATI)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nimbrung dikit kawan, sekedar nambah wawasan, ...
      belajar illmu iklhas, supaya menjadi Mukhlis....
      Kemudian Perbuatan, ucapan, tingkah laku itu yang namanya Ikhsan.....supaya menjadi Mukhsin
      jadilah orang:
      1. Mukmun (ahli Iman)
      2. Muslim (ahli islam)
      3, Mukhsin (ahli Ikhsan-Perbuatan, ucapan Tingkah laku yg baik)
      4. Mukhlis (ahli iklas )- Menerima dan selalu bersyukur...

      Hapus
    2. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, he..86x . .

      Hapus
    3. Kalau begitu kita tos dulu....
      ocae...
      terima kasih

      Hapus
  22. Perdebatan dan beda pendapat antar umat islam sesungguh nya membawa rahmat dan keberkahan...
    Justru tanpa kita sadari musuh2 umat islam...memang mengingkan smua itu terjadi... )
    Maka jgn sampai terpecah belah dan termakan umpan nya..
    Kali ini sy angkat 2 thumb buat postingan mba vpie...disini kita belajar,peduli,dan ga bermsksud mem vonis sesama saudara umat islam...jelas nyata musuh itu ada...
    Great...great.. Post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dan benar banget....Pas?!!

      Hapus
    2. . . maav ya?!? postingan ini bukan untuk berdebat kawan. tapi aq hanya ingin agar sesama umat muslim itu tidak salink menghina. udah gitu aja. huhh . .

      Hapus
    3. jangan marah begitu mbak ....ini bukan perdebatan.....
      tapi inilah yg namanya persahabatan, ..
      perlunya partisipasi dalam berbagai hal.....
      saya hanya sekedar meluruskan saja.....

      Hapus
    4. . . emmmmmmmmmmmmmmmmmm,, ocae. tenkz ya pak?!? . .

      Hapus
  23. klo mnurut saya beda pndpt brdsarkan sbuah pmhaman ilmu tdk jadi maslah, krna didlmnya pasti ada hikmah dan pljran yg bsa diambil, yg pnting tdak saling hujat, klopun tdk spendapt ikuti aja kta hati kita, syukur mau mnelusuri kbenarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . aq setujuh7 kawan. karena maksud nya membuat postingan ini agar tidak ada lagi yang salink menghina. begitu . .

      Hapus
  24. Hmm.. Ayas siy Gak terlalu Ngerti soal Agama neh.
    Pokoknya Segala Perbedaan yang ada, sebaiknya membawa keberkahan untuk Umat. Jangan dijadikan sumber perselisihan yang Tidak Perlu. Karena Umat Muslim sebenarnya adalah Saudara. Itu saja deh!!
    Hwehehee...
    ^_^
    PizzZZ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . bener banget kawam. setujuh7 aq. he..86x . .

      Hapus
  25. sy nyimak aja...,

    lagian tuk menilai org benar atw salah bukan pribadi msing2 tp dalil.!, Al Qur'an wa Sunnah yg shohih serta ijma' para ulama..

    klo dalilx sdh jelas dan ada org atw organisasi yg menyelisihi dalil maka org tersebut dinyatakan salah...!

    baikx ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ menyimak dalil2 dr yg milih melihat hilal dan menyimak dalil2 dr yg milih hisab, apakah sudah..????!

    wallahu a'lam...

    selamat berakhir pekan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . maav ya kawan?!? aq ini tidak membahas tentang hal itu. kan udah aq jelaskan disana. aq bukanlah ahli agama. jadi kalo masalah dalil^ kayak gitu aq no comment. bagaimana kalo blog kawan aja yg membahas tentang hal itu?!? dalam postingan ini aq hanya ingin semua para blogger tidak salink menjelek^kan aja. itu aja kok. tenkz . .

      Hapus
    2. ada 50 lbh artikel ramdhan di blog sy dan masalah melihat hilal atau hisab jg sdh ada.., silahkan di simak.., insya Allah klo sempat sy perluas kajianx...,

      smg bermanfaat..., *smile

      btw soal kalimat yg ini,

      'Didalam Al Qur’an memang dijelaskan bahwa nanti akan ada lebih dari 73 macam aliran yang mengatas namakan islam.'

      afwan sy koreksi ya, tdk ada dlm al quran yg menyatakan demikian, yg ada itu dlm hadits..., dan yg hrs dicamkan bhw emank Islam akan terpecah jd 73 gol tp ingat bhw yg selamat hny SATU dan yg lainx tdk selamat. jd tdk bs kita menganggap bhwa semuax benar dan selamat. *smile

      Wallahu a'lam

      Hapus
  26. waduh,, kalau soal postingan ini saya gak bisa berkomentar deh.. yang saya tau, selama mengumandangkan satu kalimah syahadat, itu diharamkan untuk saling menyakiti, apalagi membantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. lama menghilank nich. he..86x . .

      Hapus
  27. hmmmm ... saya gak perduli mau Muhammadiyah, NU, Persis atau Nahsabandi sekalipun, yang penting tetep rukun gak berantem, ISLAM Agama ku ...:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. bener banget pid. hidup rukun emank enak, pluz tidak salink menjelek^an. he..86x . .

      Hapus
  28. hadeuh...
    hari gini kok masih mempertentangkan agama
    sudahlah, itu kan keyakinan yang sifatnya vertikal
    selama secara horisontal tidak nonjokin orang buat apa buang buang energi

    makanya mungkin benar
    tuhan yang nyata justru dijadikan mitos oleh agama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hah?!? kayak nya situ gak baca ya?!? ato gak paham tentang apa yg udah saya ketik?!? emmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm,, maksud aq bukan itu kawan. tapi aq hanya ingin tidak ada yang menjelek^an lagi. apalagi sesama muslim. begitu. sampe aq bikin contoh juga kan?!? . .

      Hapus
  29. wahh gua no komen byk,,
    ilmu agama gua masih cetek banget nih... nyimak dan memahami dikit udah bagus :D

    BalasHapus
  30. Yang salah yang g memnuhi kewajiban islam :P

    BalasHapus
  31. kayanya ada perang agama nih...
    saya harus turun tangan juga deh...
    tapi,,,gak ikut2an ah...takut nambah dosa aja... =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. gak ada perang kok. aq hanya ingin agar sesama muslim gak salink mengejek. begitu . .

      Hapus
    2. yang jelas dan yang perlu di inget....

      "yang waras punya otak bener dan punya pikiran ngalah aja,,,gak ada gunanya juga kaya gitu kan..?"

      oya,,,nonton KISAH SEMBILAN WALI,,itu film bagus banget,,,walaupun film jadul tapi masih mantap buat pelajaran tentang agama.

      Hapus
    3. . . hayuk nonton yuk?!? he..86x . .

      Hapus
  32. saya ahlusunnah waljammaah :D

    BalasHapus
  33. wkwkwk/ aku telat yak..
    aku cuman mo bilang, inilah keunikan indonesia..
    ohhiyya, mungkin saja,..... indonesia saja beragam kayak gini..
    apalagii klo d'luar sana.. mungkin lebih beragam lagi. wkwkwk

    BalasHapus
  34. saya dr muhammadiyah. Waduhh keterlaluan itu. Yang saya ketahui, kalau bulan bisa terlihat boleh make hilal. Tapi kalau tidak terlihat (tertutup awan ataupun masalah lain) dapat digunakan penghitungan / hisab..

    kenapa muhammadiyah mengambil hisab? karena penghitungan sudah pasti tepat. Kalau hilal / penglihatan bisa terhalang ataupun keliru (human error), tp kalau penghitungan sudah pasti tinggal cara menghitungnya saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . tenkz kawan untuk penjelasan nya . .

      Hapus
    2. yo'i mb. udah saya betulin tuh tombolnya ada di menu :)

      Hapus
    3. . . ocae kawan. langsung meluncur . .

      Hapus
  35. siapapun yang kita ikuti pasti mereka punya alasan dan argumen sendiri jadi....yang penting ada yang tangung jawab sob...salam kenal bahagia itu indah...

    BalasHapus
  36. Entah itu Muhammadiyah atau apapun agama yang di anut itu sebenarnya bagus. Karena semuanya mengajarkan tentang kebaikan. Jadi kalau ada perdebatan yang sengit seperti yang sudah-sudah sebenarnya itu hanya kerjaan orang-orang tidak bertanggung jawab saja. Coba saja mereka disuruh begitu didepan umum. Pasti gak akan berani>

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hu um kawan. setidak nya jangan mengejek kayak gitu. tenkz ya?!? . .

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Yang bikin saya heran,koq Idul adha ga pernah bentrok ya,,lahh kalo idul fitri bentrok mulu nentuin arinya
    [keq nonton bola aj,bentrokkk]wkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . ada kok. silahkan aja liat berita. he..86x . .

      Hapus
    2. ooo..ada ya ? tp ga seheboh yg idul fitri khann

      Hapus
  39. Setiap orang beriman telah dipersaudarakan dg kalimat Laa ilaaha illallah wa muhammad rasulullah, bila melihat saudaranya terkhilaf atau salah dlam agamanya maka dikoreksi dg hikmah dan perkataan yg baik, bila ini dijalankan maka makmur dan damailah pengikut agama agung ini....( wah ceramah tujuh detik nih .... :) :).. )...ngutip ceramah ustadz sebelah rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . he..86x. gpp kawan kalo situ cramah. kan yang penting cramah nya itu dapat membuat orang lain menuju kebaikan. he..86x. jadi ya gpp lah. tenkz ya kawan?!? . .

      Hapus
  40. Sy bangga dngn sobat2 semua ternyata masih ada yg mau dn mengerti dgn arti perbedaan ini. Turut gabung tampa kekerasan dn hinaan. Slm kenal buat semua. Ingat jangan mengkafirkan aliran lain karena perbedan adlh ke indahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . hu um kawan. tenkz ya untuk saran nya?!? . .

      Hapus
  41. beberapa saat yg lalu saya membaca postingan FB dan disitu terdapat postingan yang mengejek Muhammadiyah kalo Muhammadiyah itu sudah melenceng dari syariah karena sudah melakukan bid'ah, contohnya dlm menentukan bulan Qomariyah.setiap pendapat yg berbeda dengannya dianggap salah.pokoknya setiap apa yg kita lakukan itu harus sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah pada masa itu.
    sungguh disayangkan ada orang sprti itu.harusnya kan tidak menjelekkan suatu golongan kalo gak suka ma golongan itu.,
    di sini saya hanya ingin mengajak teman2 agar tidak menjelek2kan suatu golongan, karena setiap golongan dalam Islam pasti mengajarkan kebenaran dan beribadah kepada Allah sesuai dengan syariat :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . postingan siapakah itu?!? emmmmmmmmmmmmmmm,, hu um kawan, harusnya mereka gak boleh mengejek kayak gitu. katanya islam cinta dame, tapi kok malah mengejek sesama muslim?!? . .

      Hapus
  42. iya, muhammadiyah menggunakan perhitungan (hisab) dalam penentuan awal bulan, waktu berbuka, akhir sahur, waktu sholat dan gerhana matahari/ bulan. semua dihitung (di hisab). Bagaimana jika kita mau berbuka, apa perlu melihat matahari dulu sampai tenggelam, mau sholat melihat posisi dimana matahari saat ini menentukan kapan terjadi gerhana matahari/bulan, jika ini dilakukan dengan tanpa metode hisab tentu sangat merepotkan. semoga bermanfaat

    BalasHapus

❢WARNING❢ FOR KAWAN ☆DUNIA ♥ T-WEKZ LIB'Z☆

Ber Caz Ciz Cuz lah dengan penuh KESOPANAN

Jangan ada kata PENGHINAAN, PELECEHAN dan SPAMMER

You FOLLOW, I FOLLBACK dan NO LINK AKTIF

Untuk EMO, kawan DuTie tinggal ketik sbb ::     ▸Bingunk     ▸He..86x     ▸Cinta     ▸Hu um     ▸Huhh     ▸Ide     ▸Keren     ▸Malu     ▸Marah     ▸Nangis     ▸Emmm     ▸Yeek     ▸Sedih     ▸Ouw     ▸Whaha

Ω TERIMAKASIH,, ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN DUTIE Ω

..::5HARE TO::..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Pie 86 peE -{_Gallery ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥_}-